Perkembangan zaman sangat cepat dan inovasi adalah cara kita merespon perubahan yang terjadi disekitar kita.

Desa memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan inovasi baik dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan , hingga teknologi yang digunakan untuk mempermudah kehidupan masyarakat desa.

Telah banyak organisasi, individu, pemerintah maupun perusahaan yang telah mengadopsi teknologi sebagai media bertukar informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi telah membantu masyarakat dan sekelilingnya dengan berbagai macam kemudahannya. Pada beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi termasuk wilayah pedesaan. Hanya saja, baru sedikit daerah yang menggunakan teknologi. Alasannya selama ini penduduk desa masih kurang mendapat sosialisasi dan edukasi dari pemerintah setempat soal teknologi.

Sebuah sumber data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan jika penggunaan internet dalam desa terbilang rendah akan tetapi jika dilakukan sosialisasi pemanfaatan internet dengan baik maka potensi untuk mengembangkan desa dengan teknologi akan meningkat. Oleh karena itu, penting bagi desa untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan desa mereka.

Salah satu langkah dalam memberdayakan aparat desa ialah mengelolah teknologi dengan membangun website desa. Website desa atau web desa adalah sebuah situs  yang berisikan kumpulan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Pemanfaatan Website Desa untuk Pelayanan Publik dan Manajemen Informasi Desa

Website desa dapat digunakan diantaranya untuk media pelayanan publik dan manajemen informasi desa. Karena bersifat daring (online), masyarakat dapat dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi seperti berita desa, transparasi dana desa, dan lain-lain.

Website Desa Untuk Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah amanat untuk setiap fungsi pemerintahan di negara ini, bahkan hingga ke tingkat desa. UUD 1945 hingga seluruh peraturan turunannya merupakan aturan untuk menegaskan kewajiban negara dalam melayani setiap warga negara dan penduduk dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasar dalam kerangka pelayanan publik. Pelayanan publik adalah tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Salah satu fungsi website desa adalah sebagai media pelayanan publik. Diantara pelayanan publik yang dapat dilakukan dengan media website adalah:

  1. Pelayanan Administrasi : olah data dan dokumen
  2. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat : formulir online di website desa, SMS gateway, media komunitas.
  3. Pengelolaan Informasi.
  4. Penyuluhan kepada masyarakat.

Website desa dibangun dengan tujuan sebagai media pelayanan publik resmi desa, yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website penyelenggaraan pelayanan publik dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Manfaat Web Desa.

Perlu diketahui sejumlah manfaat yang ditemukan pada Web Desa antara lain:

a. Mengenalkan profil desa kepada masyarakat dan pengunjung yang

menggunakan internet sebagai media informasi.

b. Pada situs tersebut pemerintah desa dapat mempromosikan potensi desa seperti

Pertanian, Perkebunan, hasil laut, UMKM maupun tempat wisata.

c. Menginformasikan struktur lembaga pemerintah desa seperti LPMD dan BPD.

d. Membantu BPS dalam pendataan rumah tangga.

e. Publikasi kegiatan desa.

Dari penjelasan singkat akan manfaat keberadaan website tidak lain untuk menunjang desa agar berjalan lebih maju dan terdepan.

Fitur Website Desa

  • Identitas Desa : Identitas Desa merupakan data yang mengidentifikasi mulai dari Nama Desa, Alamat, Kabupatem Provinsi bahkan sampai dengan Peta Kantor dan Wilayah Desa.
  • Pemerintahan Desa : Pemerintahan Desa merupakan fungsi pendataan Perangkat desa mulai dari Kepala Desa sampai dengan Elemen Masyarakat lainnya.
  • Wilayah Administratif : Menu ini berfungsi untuk pemetaan wilayah pemukiman warga desa.
  • Kependudukan : Dalam menu kependudukan ini terdapat beberapa menu yang berkaitan dengan data administrasi kependudukan warga seperti ; Penduduk, Keluarga, Rumah Tangga, Kelompok, Data Suplemen dan Calon Pemilih (DPT).
  • Statistik : Pada menu ini terdapat data statistik dari hasil data kependudukan dan juga terdapat sub menu laporan yang dapat membantu desa dalam mengelola laporan kependudukan.
  • Layanan Surat : Di menu ini terdapat beberapa menu yang memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat seperti ; Cetak Surat yang dapat memudahkan perangkat desa atau operator memberikan pelayanan surat kurang dari 3 menit, Pengaturan Surat ini dapat memudahkan desa dalam membuat surat-surat baru yang disesuaikan dengan kebutuhan desanya masing-masing, Arsip Layanan merupakan pencatatan dan pengarsipan dari pelayanan surat yang telah diberikan kepada masyaratakat dan juga Panduan untuk penggunaan menu Layanan Surat.
  • Sekretariat : Merupakan menu pendataan adminstrasi desa.
  • Inventaris : Menu inventaris ini terdapat didalam menu Sekretariat. Pada menu Inventaris ini desa dapat mendata aset-aset yang dimiliki lengkap dengan perhitungan nilai penyusutan (depresiasi).
  • Perdes : Menu ini juga terdapat didalam menu Sekretariat. Dengan menu ini pemerintah desa dapat mempublikasi Peraturan-Peraturan Desa yang dikeluarkan sehingga bisa didownload dan diakses oleh siapa pun terutama oleh masyarakat.
  • Keuangan Desa : Dengan menu ini desa dapat dengan mudah mempublikasi perencanaan dan penggunaan keuangan desa dengan batas-batas ketentuan yang diatur dalam regulasi.
  • Analisis : Menu ini sangatlah penting untuk digunakan oleh pemerintah desa dalam pelakukan pendataan dan pemetaan kualitas warga. Dengan hasil pengolahan data analisis ini pemerintah desa memiliki dasar dalam penentuan kebijakan dan arah pembangunan desa.
  • Poling : Dengan menu ini pemerintah desa dapat membuat jajak pendapat kepada publik dan akan ditampilkan dalam widget website desa.
  • Bantuan : Dengan menu ini pemerintah desa dapat melakukan pendataan dan penerapan program bantuan kepada masyarakat.
  • Pertanahan : Dalam menu pertanahan ini pemerintah desa dapat mengelola kepemilikan aset tanah baik itu milik warga mau pun aset desa.
  • Pemetaan : Dengan menu pemetaan ini pemerintah desa dapat melakukan dan memonitoring fasilitas publik yang ada di desa. Dengan menu ini pula hasil dari pemetaan fasilitas publik dapat ditampilkan dalam halaman website desa.
  • SMS : Menu ini sedang dalam pengembangan.
  • Admin Web : Dengan menu ini pemerintah desa bisa membuat berita atau artikel yang berkaitan dengan desa. Selain dari pembuatan artikel di menu ini juga banyak terdapat menu-menu yang berfungsi sebagai pengelolaan halaman website desa seperti ; Artikel, Galeri, Menu, Dokumen Umum, Link Sosial Media, Widget, Slideshow dan Komentar.
  • Layanan Mandiri : Pada menu ini pemerintah dapat membuatkan akses bagi warga untuk melakukan layanan “Self Service”. Dengan  data yang dikelola pada menu ini warga dapat mengetahui Biodata Datanya yang tersimpan dalam sistem ini, warga pun bisa mengetahui bantuan-bantuan yang didapatkan dan warga juga dapat berperan aktif dengan memberikan laporan-laporan kepada pemerintah desa.

Untuk detail dan fungsi-fungsi dari fitur-fitur Portal Desa Digital dapat dicoba melalui menu Demo

Implementasi 

Adapun untuk pengimplementasiannya, beberapa daerah telah mempercayakan SDK sebagai sahabat teknologi untuk memberikan solusi teknologi dalam membangun desa dengan membuat website desa. Salah satunya Kabupaten Sampang. SahabatGo membantu pemerintah setempat dalam membangun website Desayang terletak di desa-desa di Kabupaten Sampang.

 

Pelatihan pengelolaan sistem informasi desa berbasis website

 

Proses pelatihan pengelolaan web di desa corawali

 

Proses pelatihan admin pengelolah web desa

Tertarik memajukan desa anda dengan teknologi ? Segera konsultasi dengan tenaga ahli kami.

Karena kami siap membantu mewujudkan cita-cita desa yang kreatif, inovatif, dan transparan.